PASTI BISA

PASTI BISA

Jumat, 10 Juli 2020

SMP Negeri 4 Wonogiri Mengadakan Pelatihan Ms. Office 365 dengan Menerapkan Tutor Sejawat

 

Berkenaan dengan implementasi SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dengan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)  serta Surat Edaran Dinas Pendidikan kabupaten Wonogiri Nomor 420/2737 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Pelajaran 2020/ 2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Sehubungan perkembangan penyebaran Covid-19 masih belum kondusif maka pembelajaran dilaksanakan dengan Belajar di Rumah (BDR) pola Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dinas Pendidikan Wonogiri telah mengadakan pelatihan Office 365 secara perwakilan dan telah membuatkan akun bagi semua pendidik di kabupaten Wonogiri. Tetapi tidak semua pendidik dapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang diadakan dinas pendidikan kabupaten Wonogiri. Mengingat hal tersebut, maka SMP Negeri 4 Wonogiri berinisiatif untuk mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Office 365 di lingkungan SMP Negeri 4 Wonogiri.

Keunggulan Office 365 yang tidak dijumpai pada varian Office lainnya adalah  (1) Selalu mendapatkan update terbaru yaitu Office 365 memungkinkan mendapatkan update terbaru dari aplikasi andalan seperti Word, Excel, Powerpoint, dan Outlook. Selain itu PC yang terinstal software ini juga akan mendapatkan layanan Acces dan Publisher yang tidak pernah ada di Office lainnya, sekalipun Office 2016 terbaru, (2) Punya aplikasi pintar pendukung yaitu dengan Office 365 bisa bekerja lebih mudah, efisien dan cerdas, karena adanya dukungan intelligent apps seperti Smart Lookup, Tell Me, Designer, dan Morph. Semua aplikasi ekslusif ini bisa jadi pemandu kamu selama mengerjakan banyak hal dengan Office 365, (3) Bisa digunakan untuk 5 perangkat berbeda yaitu bisa  menginstal Office 365 ke 5 perangkat PC sekaligus, bahkan bisa dikombinasikan dengan Mac juga, (4) Terintegrasi ke perangkat lain yaitu bisa mendapatkan fitur ekstra menggunakan aplikasi Office ke berbagai perangkat hingga 5 tablet dan 5 smartphone. Bagi  yang punya mobilitas tinggi, tentunya fitur ini sangat membantu dari ketergantungan terhadap satu perangkat PC dalam membuat atau mengedit aplikasi Office, (5) layanan komputasi berbasis awan yaitu seolah memahami moblilitas penggunanya, Office 365 memiliki layanan penyimpanan berbasis awan (cloud) yang memberikan kapasitas sebesar 1 TB melalui OneDrive. Dengan layanan ini bisa membuka dokumen apapun dari perangkat apapun, kapanpun dan di mana pun saja secara aman dan nyaman. (https://blog.bhinneka.com/2016/09/29/5-keunggulan-microsoft-office-365)

Dengan adanya keunggulan-keunggulan di atas, tentunya membuat Office 365 menjadi pertimbangan untuk aplikasi dalam PJJ. Inisiatif yang disampaikan Kepala SMP Negeri 4 Wonogiri, Sukiman, S.Pd. disambut antusias oleh semua guru di SMP Negeri 4 Wonogiri. Dengan menerapkan tutor sejawat, maka pelatihan office 365 dapat terlaksana.

Pada pelatihan ini, tutor sejawat ditunjuk langsung oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Wonogiri yaitu salah satu guru di SMP Negeri 4 Wonogiri yaitu Ningtyas Kusumastuti, S.Pd. Beliau ditunjuk karena telah mengikuti Pelatihan Online Pemanfaatan Office 365 yang diselenggarakan oleh jateng3@jatengpintar.id dengan trainer : Adi Kuswanto dan Master Trainer Agus Dwianto yang dilaksanakan secara full daring pada tanggal 5 – 10 Juli 2020.

Pelatihan selama dua hari diikuti dengan antusias yang tinggi, terbukti bapak ibu guru mengikuti pelatihan selama dua hari dari awal sampai akhir pelatihan diikuti dengan semangat. Pelatihan office 365 ini sangat bermanfaat bagi bapak ibu guru dalam menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selain mempermudah pekerjaan dalam menyampaikan materi maupun memberi ulangan atau kuis ke peserta didik, office 365 ini memiliki tampilan yang menarik sehingga peserta didik juga merasa antusias untuk belajar dengan menggunakan office 365.

Pelatihan office 365 yang telah dilaksanakan telah memberi manfaat bagi bapak ibu guru, dimana sebelum mengenal office 365, masih dominan menggunakan WA group dengan adanya pelatihan office 365 PJJ dapat divariasi dengan menggunakan office 365. Selain tampilan yang menarik ternyata office 365 juga sangat membantu pekerjaan guru dalam absensi maupun koreksi ulangan. Hal tersebut tidak berat lagi dengan adanya office 365, (NK)

0 komentar:

Posting Komentar