PASTI BISA

PASTI BISA

Jumat, 09 Oktober 2020

Berkreasi Dengan Musik

 

Sosok yang humoris dan penuh inspirasi. Lahir di Wonogiri pada 11 Maret 1968. Kiprahnya di dunia seni tidak diragukan lagi. Figur dengan nama lengkap Hery Susanto, S.Pd.,M.M. kesehariannya bertugas sebagai guru mata pelajaran bahasa Indonesia  di SMP Negeri 3 Wonogiri, beliau bertempat tinggal di Wonokarto Rt 02 Rw 08, Wonogiri.

Pendidikan formal (D2) Beliau tempuh di IKIP Semarang (sekarang UNES) jurusan seni musik pada tahun 1990. Sebenarnya beliau berkeinginan melanjutkan SI seni musik di Jogjakarta, akan tetapi karena sesuatu hal akhirnya Beliau kuliah  mengambil Jurusan bahasa Indonesia di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Awal karinya sebagai guru, Beliau mengajar seni musik, dan seiring perjalanan waktu pada akhirnya setelah menyelesaikan SI Bahasa Indonesia, Beliau mengajar Bahasa Indonesia. Sampai kemudian Beliau melanjutkan studi S2.

Meskipun mengajar Bahasa Indonesia, Beliau masih aktif di bidang seni. Setiap ada kegiatan atau lomba  yang berkaitan dengan bidang seni musik, Beliau masih berperan aktif untuk diminta menjadi juri baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.  Bakat seni yang dimiliki sudah terlihat sejak SMP. Bahkan ketika SMA bersama temannya, rela mengamen sampai daerah Purwantoro, Ponorogo dan Baturetno. karena memang sangat ingin menjajal kemampuan seninya.

Selain melaksanakan tugas sebagai pengajar, Beliau juga menjadi Pembina ekstrakurikuler drumband di SMP N 3 Wonogiri. Dunia yang tidak jauh dari seni. Grup drumband yang dibimbingnya selalu tampil pada acara peringatan HUT RI setiap tahunnya dengan gabungan grup drumband dari SMP N 2 Wonogiri. Beberapa kejuaraan drumband juga diraih oleh SMP 3 Wonogiri dibawah bimbingan Beliau. Karya seni musik ciptaan Beliau yang masih selalu dinyanyikan ketika upacara bendera di sekolah adalah lagu “Mars SMP Negeri 3 Wonogiri”.

Baru-baru ini Beliau menciptakan lagu yang berjudul “Mars Kreasi 01 Wonogiri”. Lagu tersebut tercipta dilatarbelakangi dengan terbentuknya Tim Kreasi Subrayon 01. Karena bakat seni yang dimiliki oleh Pak Hery Susanto maka Beliau ditunjuk untuk menciptakan lagu untuk Tim Kreasi 01. Jiwa seninya tertantang untuk selalu berkreasi dan terciptalah lagu “Mars Kreasi 01 Wonogiri”.

Lirik lagu maupun musik yang Beliau ciptakan diilhami dengan gambar logo yang menjadi simbol Tim Kreatif 01. Tekad bulat dalam tim untuk memajukan dan  meningkatkan dunia pendidikan di Kabupaten Wonogiri. Kata Kreasi yang memiliki makna kreatif, responsif, atraktif, dan berprestasi. Dari logo dan nama tim itulah tercipta ide-ide yang akhirnya dituangkan dalam bentuk lirik dan melodi lagu. Akhirnya Beliau berpesan melalui lagu yang berjudul “Mars Kreasi 01 Wonogiri”, mengajak para guru untuk selalu bersemangat/termotivasi untuk memajukan dunia pendidikan demi kejayaan bangsa Indonesia. Mengajak untuk selalu menjadi guru penggerak

0 komentar:

Posting Komentar